Senin, 04 Mei 2015

BATAM


SEJARAH KOTA BATAM
Batam merupakan salah satu pulau yang berada di antara perairan Selat Malaka dan Selat Singapura. Tidak ada literatur yang dapat menjadi rujukan dan mana nama Batam itu diambil, yang jelas Pulau Batam merupakan sebuah pulau besar dan 329 pulau yang ada di wilayah Kota Batam.
Satu-satunya sumber yang dengan jelas menyebutkan nama Batam dan masih dapat dijumpai sampai saat mi adalah Traktat London (1824). Penduduk asli Kota Batam diperkirakan adalah orang-orang Melayu yang dikenal dengan sebutan Orang Selat atau Orang Laut. Penduduk ini paling tidak telah menempati wilayah itu sejak zaman kerajaan Tumasik (sekarang Singapura) dipenghujung tahun 1300 atau awal abad ke-14. Malahan dan catatan lainnya, kemungkinan Pulau Batam telah didiami oleh orang laut sejak tahun 231 M yang di zaman Singapura disebut Pulau Ujung. Pada masa jayanya Kerajaan Malaka, Pulau Batam berada di bawah kekuasaan Laksamana Hang Tuah. Setelah Malaka jatuh, kekuasaan atas kawasan Pulau Batam dipegang oleh Laksamana Hang Nadim yang berkedudukan di Bentan (sekarang P. Bintan). Ketika Hang Nadim menemui ajalnya, pulau ini berada di bawah kekuasaan Sultan Johor sampai pada pertengahan abad ke.18. Dengan hadirnya kerajaan di Riau Lingga dan terbentuknya jabatan Yang Dipertuan Muda Riau, maka Pulau Batam beserta pulau-pulau lainnya berada di bawah kekuasaan Yang Dipertuan Muda Riau, sampai berakhirnya keraj aan Melayu Riau pada tahun 1911.

LETAK GEOGRAFIS KOTA BATAM
Kota Batam sebelah utara berbatasan dengan Selat Singapura. Sebelah Selatan Kecamatan Senayang. Di Sebelah Timur Kecamatan Bintan Utara dan Sebelah Barat Kabupaten Karimun dan Moro Kabupaten Karimun. 
Wilayah kota Batam seperti halnya Kecamatan-Kecamatan di daerah Kabupaten di Kepulauan Riau, juga merupakan bagian dari paparan Kontinental. Pulau-pulau yang tersebar didaerah ini merupakan sisa-sisa erosi atau penyusutan dari daratan pra tersier yang membentang dari semenanjung Malaysia/ pulau Singapore di bagian utara samapi dengan pulau-pulau Moro dan Kundur serta karimun di bagian selatan. Permukaan tanah di kota batam pada umumnya dapat digolongkan datar dengan variasi disana-sini berbukit-bukit dengan ketinggian maksimum 160 m diatas permukaan laut. Sungai-sungai kecil banyak mengalir dengan aliran pelan dan dikelilingi hutan-hutan serta semak belukar yang lebat..

TENTANG KOTA BATAM
Pulau Batam merupakan jalur masuk tersibuk ketiga di Indonesia setelah Bali dan Jakarta. Terletak dekat Singapura, Batam merupakan resor favorit untuk wisatawan mancanegara di Singapura yang berharap dapat lebih dekat dengan alam, bersantai untuk liburan singkat bermain golf atau berlayar, menikmati makanan air tawar yang segar, merasakan kemewahan spa tradisional keraton, berbelanja atau sekedar bersenang-senang dengan keluarga.

Walaupun Batam,  didesain sebagai lingkaran perdagangan industri bebas, tapi masih ada area kosong yang luas, pulau-pulau besar dan kecil yang belum terjamah di kepulauan Riau dimana Anda bisa merasakan kesendirian yang berbeda.
20 tahun sampai dengan saat ini, Batam sudah lebih padat, dimana bisnis berjalan bersama-sama dengan hiburan. Dengan tidak lebih 6 terminal ferry, jalanan besar menyebrangi pulau, bandara internasional dan rangkaian industri, hotel dan perumahan mewah, namun Batam masih menjanjikan liburan akhir minggu yang menawarkan makanan hasil laut segar, tempat golf yang mewah, perbelanjaan atau berkunjung ke pulau terpencil yang cocok untuk trekking, diving, snorkeling dan memancing, semuanya dengan harga yang terjangkau.

AKOMODASI KOTA BATAM
Terdapat banyak hotel yang bisa anda singgahi di Kota Batam, diantaranya sebagai berikut :

1. 888 Hotel (melati) alamat Jl. Imam Bonjol No.139 Nagoya
2. Acacia Hotel*** alamat Jl. Ir. Sutami Sekupang tlpn 0778 - 322482,322221
3. Asean Hotel (melati) alamat Komp. Ruko Tj. Pantun Blok. G No. 7-15 Jodoh, tlpn 0778 – 430812
4. Batam View Beach Resort alamat Jl. Hang Lekir, Nongsa. Tlpn 0778 - 761740 – 46
5. The Music Hotel* alamat Kompleks Sakura Garden Blok A1 No 3-9

TRANSPORTASI KOTA BATAM
Transportasi merupakan sarana penunjang mobilitas, dimana masyarakat Batam dapat menggunakan fasilitas kendaraan umum seperti taksi, bis, ojek, pancung. Selain transportasi darat, Batam yang merupakan daerah kepulauan, transportasi laut merupakan salah satu sarana yang penting. Penggunaan transportasi darat yang seperti taksi yang berbeda dengan daerah lain yakni tidak menggunakan argo serta penggunaan angkutan per jalur tertentu.
Penggunaan jalur laut di Pelabuhan Domestik Sekupang dan pelabuhan Internasional Sekupang yang menghubungkan Batam dengan pulau-pulau disekitar maupun dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Pulau Batam mempunyai enam terminal ferry, yaitu di Sekupang, Waterfront City, Batam Center, Harbour Bay, Nongsapura dan Telaga Punggur.
Selain itu, Jalur udara juga menjadi andalan bagi masyarakat Batam untuk bepergian. Adalah Bandar Udara Hang Nadim, yang mana hampir seluruh maskapai penerbangan membuka rute Batam dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia. Bandar udara yang mampu menampung pesawat berbadan besar dengan panjang landasan pacu mencapai 5km serta bertaraf international.
Bandara udara yang juga menjadi embarkasi haji untuk Propinsi Kepulauan Riau ini, dilengkapi dengan ruang tunggu VVIP dan kelengkapan lainnya.

KULINER KOTA BATAM
Mencari makanan khas di Batam memang tidak mudah. Kebanyakan masyarakat di Batam adalah keturunan Melayu, sehingga makanan aslinyapun beragam. Karena itulah, jika ada makanan yang kemudian dibilang khas Batam, sebenarnya lebih dari kepintaran para pengusaha daerah ini di dalam mengemas hasil kreasinya menjadi makanan oleh-oleh khas Batam.
Dan makanan yang menarik dan banyak diminati di kota batam adalah makanan dari hasil laut yang segar dengan harga terjangkau. Beberapa referensi rumah makan dari mediatovel.com adalah ‘Sop ikan Yongkee’ di batam centre, seafood di Harbour Bay Foodcourt, Golden Prawn Restaurant, Bengkong, Kelong Seafood, Hawaii Seafood dan Wey Wey Seafood, atau di kawasan Greenland Batam Center anda bisa menuju ‘De Sampan BBQ & Seafood’ atau ‘ABC BBQ & Seafood’

WISATA KOTA BATAM
Batam mempunyai banyak tujuan wisata, ada wisata Bahari, Wisata Budaya, Wisata sejarah hingga wisata Religi. Dan mediatovel.com akan memberikan referensi menarik untuk anda :
  1. Kepulauan Abang, terletak di pulau abang – galang baru. Kepuluan Abang yang memiliki kegiatan wisata terdiri dari : Pulau Abang Besar ( Pantai Air Taung) , Pulau Ranuh dan Pulau Pengalap. Daya tarik wisata Bahari yang dimiliki pulau ini adalah Taman laut yang memiliki terumbu karang hidup yang cukup baik dan banyak di jumpai ikan teri hijau dan ikan hias lainnya. Taman laut ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan menyelam ( diving ) dan snorking.
  2. Kampung Vietnam, terletak di pulau Galang. Lokasi bekas peninggalan pengungsi Vietnam di Galang, dimana terdapat kamp pengungsian, foto-foto, kuburan, kapal serta benda maupun peninggalan bersejarah lainya. 
  3. Masjid Raya Batam, Hal yang unik dari masjid ini adalah dimana di dalam masjid tidak ada tiang penyanggah sehingga ruangan di dalam masjid tampak luas. Dengan arsitektur yang bergaya Timur Tengah dengan dihiasi oleh ornamen-ornamen yang indah membuat Masjid Raya Batam semakin indah khususnya pada waktu malam dengan sorotan lampu yang membuat semakin megah.Masjid ini mempunyai kemiripan dengan salah satu Masjid yang ada di daerah Sulawesi, karena di buat oleh arsitek yang sama sehingga seolah-olah masjid ini mempunyai kembaran.
  4. Pantai Melur, terletak di Pulau Galang. Obyek Wisata Pantai Melur saat ini banyak dikunjungi wisatawan local. Lokasi obyek wisata berdekatan dengan kawasan wisata Camp Vietnam pulau galang dan jembatan Tuanku Tambusai. Kondisi Pantai cukup landai berpasir putih halus dengan lebar pantai 20-30 meter , sedangkan panjangnya kira-kira mencapai 100-200 meter. Atraksi wisata bahari yang digemari wisatawan , antara lain berenang dan berlayar. 
  5. Pantai Panau , Obyek wisata ini memiliki daya tarik wisata keindahan panorama laut dan kampong tradisional melayu yang dapat dijadikan sebagai desa wisata dengan karakteristik pantai. Atraksi wisata bahari yang sediakan anatara lain berenang, lomba perahu layer , jet sky dan parasailing. 

LAYANAN UMUM KOTA BATAM
1. Casa Medical Centre
Jl. Jendral Ahmad Yani No.8 Muka Kuning
Tlpn (0778) 371002, 37100

2. RS Awal Bros 
Jl. Gadjah Mada Kav. 1 Batam
Tlpn (0778) 431777

3. RS Budi kemuliaan
Jl. Budi Kemulian No. 1 Kampung Seraya
0778 454 044

4. RS Harapan Bunda
Jl. Seraya No 1. Kampung Seraya

5. RS Otorita Batam
Jl. Cipto Mangunkusumo Sekupang

6. RS St. Elisabeth 
Jl. Anggrek Blok II Lubuk Baja

7. RSUD Kota Batam
Jl. Brigjen Katamso
Tlpn 0778 391 704

INFORMASI LAIN KOTA BATAM
Jika Anda hobi berbelanja, Anda harus mengunjungi kompleks perbelanjaan di Super Blok Nagoya di Batam, di provinsi Kepulauan Riau. Mall ini menawarkan produk-produk di beberapa pusat perbelanjaan modern. Di daerah pejalan kaki ini, terdapat 450 kios dan 170 toko-toko dengan Hypermarket di Nagoya Hill. Daerah Nagoya terletak di Jalan Sudirman dan Yos Sudarso, Jodoh sub-distrik, Batam, Indonesia.

PAKET WISATA KOTA BATAM
Untuk mendapatkan paket wisata murah dapat menghubungi www.mediatovel.com | 0274 412342