Senin, 04 Mei 2015

PANGKAL PINANG


SEJARAH KOTA PANGKAL PINANG
KOTA Pangkalpinang berusia 53 tahun sebagai daerah otonom. Namun sebagai pusat permukiman dan aktivitas ekonomi, Kota Pangkalpinang jauh lebih tua. Sejak abad 17, nama Pangkalpinang sudah disebut-sebut dalam beberapa literatur sejarah sebagai kota yang letaknya di pesisir timur Pulau Bangka ini.


Merujuk dari asal kata pengkal kemudian menjadi Pangkalpinang, menunjukkan kota ini sudah berdiri semasa era kesultanan Palembang sekitar abad 17-18. Kota ini semakin penting ketika Inggris menjadikan Pangkalpinang sebagai sebuah distrik di Pulau Bangka sebelum akhirnya Pulau Bangka diserahkan kepada Belanda.

LETAK GEOGRAFIS KOTA PANGKAL PINANG
Kota  Pangkalpinang merupakan salah satu daerah otonomi yang letaknya di Pulau Bangka. Sebagai pusat pengembangan wilayah Bangka Belitung dalam perkembangan selama beberapa tahapan pembangunan, Kota Pangkalpinang telah mengalami beberapa kemajuan yang cukup pesat sehingga  untuk mengatasi kebutuhan akan tanah perkotaan. Daerah-daerah yang berbukit mengelompok di bagian Barat dan Selatan Kota Pangkalpinang. Beberapa bukit yang utama adalah Bukit Girimaya dan Bukit Menara.
Di wilayah Kota Pangkalpinang terdapat beberapa sungai, pada umumnya sungai-sungai kecil yang ada di wilayah ini bermuara ke Sungai Rangkui. Di samping Sungai Rangkui terdapat juga Sungai Pedindang di bagian selatan. Kedua sungai ini berfungsi sebagai saluran utama pembuangan air hujan kota yang kemudian mengalir ke Sungai Baturusa dan berakhir di Laut Cina Selatan. Sungai-sungai ini selain berfungsi sebagai saluran utama pembuangan air hujan kota, juga befungsi sebagai prasarana transportasi sungai dari pasar ke Sungai Baturusa dan terus ke laut. Anak Sungai Rangkui merupakan kanal pengairan dari pintu air kolong kacang Pedang ke Sungai Rangkui yang dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1930-an. Sumber air untuk air bersih pada umumnya dari air tanah disamping Kolong Kacang Pedang dan Kolong Kace.

TENTANG KOTA PANGKAL PINANG
Pangkalpinang adalah kota terbesar di Pulau Bangka dan merupakan Ibukota Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pangkalpinang merupakan pusat perdagangan di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dikenal akan hasil logam timah dan lada putihnya. Karena itu kedua komoditi ini merupakan komoditas unggulan pada komoditi ekspor terutama di Kota Pangkalpinang. Usaha pertanian yang dilakukan masyarakat Kota Pangkalpinang adalah pertanian tanaman bahan makanan, peternakan, perikanan dan sedikit usaha perkebunan rakyat (karet, lada dan kelapa). Di sektor perikanan, sebagai bagian dari daerah Pulau Bangka yang dikelilingi laut, maka Kota Pangkalpinang yang letaknya berbatasan dengan laut Cina Selatan, maka menjadikan salah satu daerah sentra produksi ikan laut. Selain itu sebagian kecil masih ada petani nelayan yang mengusahakan penangkapan ikan di sungai.

Di sektor pariwisata, Kota Pangkalpinang memiliki potensi yang dapat diandalkan. Kunjungan tamu ke kabupaten Bangka dan Belitung umumnya melalui atau transit dari daerah ini. Wisata yang menonjol adalah wisata pantai, yang memiliki panorama alam yang mempersona.

AKOMODASI KOTA PANGKAL PINANG
1. Hotel Grand Mutiara Jalan Yang Zubaidah Kelurahan Bintang, Telp. 436969 
2. Hotel Santika Jalan Soekarno-Hatta Km 5 No. 17 Pangkalan Baru Bangka Tengah, Telp. 0717-     
        4256888
3. Hotel Novotel Bangka Golf & Convention CentreJalan Soekarno- Hatta Km.5 Pangkalpinang, Telp. 
        0717-436888
4. Hotel Aston Soll Marina & Converence Centre Jalan Koba Km.8 Pangkalan Baru Bangka Tengah, 
        Telp. 0717-4261261/7032371
5. Edotel Jalan Girimaya Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Bukit Intan, Telp. 0717-7020835
6. Penginapan Srikandi Jalan Masjid Jamik Kecamatan Rangkui, Telp. 0717-421884
7. Penginapan Sejati Jalan Singapur Kecamatan Rangkui, Telp. 0717-436410
8. Penginapan Ortilla Jalan Masjid Jamik Pangkalpinang, Telp. 0717-423427
9. Penginapan Mutiara Jalan Masjid Jamik No.50 Pangkalpinang, Telp. 0717-424111
10. Penginapan Damai Iin Jl. Jendral Sudirman Pangkalpinang
11. Homestay Sola Gracia Jalan Teluk Bayur No.223 Kelurahan Pasir Putih Pangkalpinang, Telp. 0717-
        438962
12. Pengina
13. Pan Kacang Pedang Permai Jalan Veteran RT 03 Kacang Pedang Kecamatan Gerunggang, Telp. 
        0717-422352
14. Penginapan Balai Sultan Jalan Balai No.42 Pangkalpinang
   
TRANSPORTASI KOTA PANGKAL PINANG
Untuk Transportasi udara Bandara Depati Amir melayani penerbangan 13 kali sehari dari/ke Jakarta yang dilayani oleh Sriwijaya Air 6x, Lion Air 4x,Garuda Indonesia 2x. Sedangkan penerbangan dari/ke Palembang sebanyak 1 kali setiap hari yang dilayani oleh Sriwijaya air. Serta Rute Batam - Pangkalpinang- Tanjung Pandan dilayani oleh 2 maskapai yaitu Sky Aviation dan Wings Air.

Untuk Transportasi Laut Pelabuhan  Pangkal Balam melayani angkutan barang seperti ekspor/impor dan perdagangan antar pulau dan angkutan penumpang dengan tujuan Jakarta melalui Kapal Ferry/Roro dan tujuan Tanjungpandan melalui Jet Foil/Kapal Cepat setiap hari. Pelabuhan Muntok melayani kapal cepat dengan tujuan Palembang. Sedangkan pelabuhan Belinyu hanya disinggahi oleh kapal-kapal Pelni. Masih ada lagi pelabuhan di bagian selatan pulau Bangka, yaitu Sadai yang melayani kapal fery dari Pelabuhan Cigading, Banten.

Untuk Transportasi Darat Pangkalpinang memiliki 4 terminal dalam kota yang menghubungkan rute kecamatan di seluruh Pulau Bangka, sedangkan untuk dalam kota dilayani 5 trayek Angkutan Kota dengan waktu operasinya dari pukul 06.00 s/d 18.00 WIB. Informasi jalur angkutan kota Pangkalpinang:

    Angkot berwarna kuning untuk rute dari pasar ke Girimaya.
    Angkot berwarna merah untuk rute dari pasar ke Pangkalbalam.
    Angkot berwarna biru muda untuk rute dari pasar ke Selindung.
    Angkot berwarna hijau untuk rute dari pasar ke Jalan Mentok.
    Angkot berwarna hitam untuk rute dari pasar ke Sampur.
    Angkot berwarna putih untuk rute dari pasar ke Jalan Sungai Selan.

KULINER KOTA PANGKAL PINANG
Makanan khas Bangka yang patut Anda cicipi adalah martabak bangka yang terkenal. Martabak adalah hidangan populer di Indonesia yang terdiri dari dua jenis, manis dan gurih asin. Martabak bangka yang bercita rasa manis dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu martabak legendaris dan sudah melanglang buana ke seluruh Nusantara. Martabak bangka dikenal juga sebagai terang bulan atau kue pangkal pinang. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi kelezatan martabak ini adalah di Acau Martabak yang terletak di Jalan Walikota Syafie Rachman. Di sini melayani martabak bangka asli atau Hoklopan yang hanya menggunakan gula pasir dan toping wijen.

Hidangan lainnya di Pangkalpinang adalah mie koba yang bercita rasa seafood kuat.

Temukan beragam kuliner lainnya di kota ini yang dapat Anda cicipi. Berikut referensi dari mediatovel.com: 

Mr. Asui Restaurant
Jl. Kampung Bintang Dalam 93/12
Telp : +62 717 423772

Aroma Laut Restaurant
Pantai Pasir Padi,
Telp : +62 0717 4256130

Otak-otak Amui
Jl. Melintas 23,
Telp : +62 813 67735936

Greeng Lesehan
Jl. Ahmad Yani 97 Pangkalpinang
Telp : +62 852 68080773

Restoran Pondok Kelapa
Jl. Pantai Pasir Padi Pangkalpinang
Telp:+62 717 432319

Rose Garden
Jl. Jend. Sudirman No. 175 Pangkalpinang
Telp : +62 0717 95888

WISATA KOTA PANGKAL PINANG
  1. Pantai Pasir Padi, memiliki garis pantai dengan hamparan pasir putih sepanjang 2 km. Salah satu keunikan Pantai Pasir Padi adalah struktur pantainya yang landai, kontur pasir yang padat sehingga pantai ini nyaman untuk dilalui dengan jalan kaki bahkan dapat dilalui oleh kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat bahkan truk jenis tronton. Selain menikmati panorama alam pantai yang indah wisatawan juga bisa berenang, bermain layang-layang, voli pantai, sepakbola, motor cross atau sekedar menikmati kesegaran es kelapa muda di tengah semilir angin pantai.
  2. Museum Timah, Museum Timah Indonesia terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani no.17, merupakan satu-satunya Museum Timah yang ada di Indonesia. Sebelum menjadi museum, rumah ini merupakan rumah temapt tinggal karyawan perusahaan BTW (Banka Tin Winning). Pada tanggal 6 Februari 1949 rumah ini menjadi tempat tinggal pemimpin-pemimpin Republik di antaranya Bung Karno dan Haji Agus Salim ketika mereka diasingkan ke Bangka sebelum dipindahkan ke Menumbing Mentok setelah Ibukota Republik Indonesia Yogyakarta diduduki Belanda dengan Agresi Militer (19 Desember 1948).
  3. Masjid Jami’, merupakan salah satu masjid terbesar dan tertua di Pangkalpinang. Salah satu keunikan masjid ini adalah antara tangga depan (berbentuk setengah lingkaran) dengan atapnya dihiasi oleh tiang penyangga (ukuran kecil) berjumlah 5 tiang, bisa diartikan sebagai Rukun Islam dan antara tembok depan dengan atapnya dihiasi oleh tiang penyangga kecil sebanyak 6 buah (3 sebelah kanan dan 3 sebelah kiri), dapat diartikan sebagai Rukun Iman. Memiliki empat tiang utama sesuai jumlah Khalifaturrasyidin, lima pintu masuk 3 di depan dan 1 di samping kiri dan 1 di kanan serta terdiri atas 3 undakan atau tingkatan dengan satu kubah dan empat menara. Masjid Jamik adalah salah satu Benda cagar Budaya Kota Pangkalpinang.
  4. Kelenteng Kwan Tie Mia,  merupakan salah satu kelenteng tertua yang ada di Pulau Bangka. Kelenteng ini terletak di jalan Mayor Syafrie Rachman. Kawasan Kelenteng Kwan Tie Miaw ini sekarang ditambah dengan lokasi Gang Singapur dan Pasar Mambo sedang dikondisikan sebagai salah satu objek dan daya tarik wisata Kota Pangkalpinang yaitu wisata budaya, wisata belanja dan wisata kuliner. Lokasi ini diupayakan menjadi China Town (untuk mengingatkan kepada wajah kota lama Pangkalpinang yang sangat dipengaruhi oleh rumah rumah dan kelenteng Cina) dan dijadikan juga sebagai pusat upacara peringatan hari Raya Imlek, puncak hari raya Cap Go Meh, kegiatan Sembahyang Rebut dan kegiatan Pot Ngin Bun. Kegiatan Pot Ngin Bun merupakan satu satunya ritual yang ada di kelenteng Kwan Tie Miaw.
  5. Bangka Botanical Garden (BBG) merupakan lahan pengembangan holtikultura, peternakan, penyediaan bibit dan pakan ternak memanfaatkan lahan eks tambang timah dan lahan kritis berupa lahan gambut dan berpasir serta merupakan program percontohan yang dilakukan pihak swasta dalam mengelola dan menciptakan ekosistem baru.
  6. Lapangan Golf Girimaya, Dari atas bukit ini kita dapat menikmati keindahan panorama Kota Pangkalpinang, baik di siang hari maupun malam hari. Kawasan Bukit Girimaya sering digunakan masyarakat Kota Pangkalpinang untuk tempat olahraga berjalan kaki sekedar mengeluarkan keringat dan menghirup udara segar.


LAYANAN UMUM KOTA PANGKAL PINANG
1. RSUD Depati Hamzah alamat Jl. Soekarno-Hatta Pangkalpinang. Tlpn 0717422693
2. RS Bhakti Wara alamat Jl. Selan Pangkalpinang. Tlpn 0717422605
3. RS Bhakti Timah alamat Jl. Jenderal Sudirman Pangkalpinang. Tlpn 0717433027

INFORMASI LAIN KOTA PANGKAL PINANG
Jika Anda ingin membawa pulang sepotong kenangan dari Pangkalpinang dan Bangka, pulau ini terkenal dengan kain cual batiknya. Membeli kain ini sebagai buah tangan pastinya harus menjadi prioritas utama Anda. Kain ini merupakan jenis kain yang dibuat dengan keterampilan tangan berpola khas Pulau Bangka. Biasanya pembuatan kian ini memakan waktu sekitar satu minggu untuk menghasilkan dua kain.

Karena Pangkalpinang dijuluki sebagai ibu kota pertambangan timah, jadi Anda dapat mencari beberapa perkakas rumah tangga terbuat dari timah dengan beragam bentuk yang unik dan indah.

Resam kopiah, adalah topi yang terbuat dari pakis atau akar pakis atau akar bahar. Ada juga beragam aksesoris yang terbuat dari karang hitam yang cantik untuk oleh-oleh.

Untuk makanan ringan, ada kue lapis bangka, kemplang dan kue keranjang sebgai kudapan lezat yang Anda harus bawa pulang.

PAKET WISATA KOTA PANGKAL PINANG
Untuk mendapatkan paket wisata murah dapat menghubungi www.mediatovel.com | 0274 412342