Senin, 04 Mei 2015

TARAKAN


SEJARAH KOTA TARAKAN
Status Kota Administratif kembali ditingkatkan menjadi Kotamadya berdasarkan Undang-Undang RI No.29 Tahun 1997 yang peresmiannya dilakukan langsung oleh Menteri dalam Negeri pada tanggal 15 Desember 1997, sekaligus menandai tanggal tersebut sebagai Hari Jadi Kota Tarakan.

Letak dan posisi yang strategis telah mampu menjadikan kecamatan Tarakan sebagai salah satu sentra Industri di wilayah Kalimantan Timur bagian utara sehingga Pemerintah perlu untuk meningkatkan statusnya menjadi Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.47 Tahun 1981.

LETAK GEOGRAFIS KOTA TARAKAN
Kota tarakan terdiri dari 2 (dua) pulau, yaitu Pulau Tarakan dan Pulau Sadau dengan luas wilayah mencapai 657,33 km². Sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Pulau Bunyu, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi, Sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Tanjung Palas dan sebelah barat berbatasan dengan kecamatan sesayap dan kecamatan sekatak.

TENTANG KOTA TARAKAN 
Kota Tarakan memiliki posisi yang strategis bagi Propinsi Kalimantan Timur, yaitu sebagai penggerak pertumbuhan wilayah utara Propinsi Kalimantan Timur dan Pintu Gerbang kedua ( second gate ) bagi Kalimantan Timur setelah Kota Balikpapan, selain merupakan kota transit perdagangan antara Indonesia, Malaysia dan Philipina.

Sebagai kota di pulau kecil yang di kelilingi oleh laut, kota ini sangatlah mempunyai potensi kelautan yang demikian besar. Dan sumber daya inilah yang di manfaatkan oleh sebagian besar masyarakatnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan dan petambak udang. Dimana hasil laut yang melimpah kemudian di konsumsi dan sebagian besar telah dijadikan komoditi ekspor oleh beberapa beberapa pengusaha melalui Cold Storage mereka.

Letak posisinya yang strategis menjadikan kota ini terbilang cukuplah berkembang, terlihat dengan fasilitas fasilitas kota yang mulai banyak bertebaran di kota tarakan seperti pusat perbelanjaan, dimana sedikitnya kota tarakan sendiri memiliki 21 pusat-pusat perbelanjaan. Ditambah dengan 36 Hotel di Tarakan yang terbagi dalam beberapa kelas hotel. Seperti Hotel Bintang 3 di Tarakan, Hotel Bintang 4 di Tarakan dan juga hotel-hotel berkelas di tarakan itu sendiri.

AKOMODASI KOTA TARAKAN
1. Swiss-Belhotel Tarakan*** beralamat di Jl Mulawarman No.15 Tarakan, Tarakan Kalimantan Timur
2. Hotel Bahtera* alamat Jl. Sulawesi RT.18 No.1 Tarakan 77121 Telpon : 21822
3. Hotel Barito (melati) alamat Jl. Jend.Sudirman No.133 Tarakan Telpon : 21212
4. Hotel Garden City*** alamat Jl. Mulawarman RT.6 No.15 Tarakan 77111 Telpon : 21133
5. Hotel Gatra (melati) alamat Jl. Yos Sudarso RT.2 No. 02, Tarakan Telpon : 31427
6. Hotel Harmonis (melati) alamat Jl. Diponegoro No. 5 Tarakan 77114 Telpon : 21783 / 24783
7. Hotel Kaisar alamat Jl. Dr. Soetomo Karang Balik, Tarakan. Telpon : 36459 Fax. 36639
8. Hotel Monaco* alamat Jl. Sulawesi RT.18 No.51 Tarakan
9. Hotel Sakura (melati) alamat Jl. Jend. Sudirman No.17 Tarakan Telpon : 22730 / 23565
10. Hotel Tarakan Plaza** alamat Jl. Yos Sudarso No.1 Tarakan Telpon : 21780

TRANSPORTASI KOTA TARAKAN
Untuk Transportasi Darat Di Tarakan hanya ada Taxi Bandara dan Angkutan Kota atau Angkot untuk transportasi darat, Bus hanya digunakan untuk karyawan industri di daerah Juwata Laut.

Untuk Transportasi Udara di kota Tarakan dimungkinkan melalui  Bandar udara International Juwata, yang melayani penerbangan dari maskapai penerbangan Domestik maupun International. Rute Domestik meliputi antara lain dari Tarakan langsung menuju kota : Balikpapan, Surabaya, Jakarta, Tanjung Selor, Nunukan, Berau. Maskapai penerbangan yang melayani antara lain : Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air, Garuda indonesia,Kalstar, Susi Air, MAF. Sedangkan rute International, baru saja diresmikan pada awal tahun 2012 dengan rute Tarakan - Tawau (Malaysia) pulang pergi dengan dilayani maskapai penerbangan MASWings dari Malaysia.

Dan untuk Transportasi Laut, Tarakan menyediakan pelayanan transportasi laut dengan tujuan wilayah lain di Kalimantan Utara dan Tawau, Sabah, Malaysia. Pelabuhan di Tarakan juga melayani transportasi laut ke Jawa dan Sulawesi. Di Kota Tarakan terdapat 4 pelabuhan utama antara lain Pelabuhan Tengkayu I, Pelabuhan Tengkayu II, Pelabuhan Malundung dan Pelabuhan Juwata Laut. Pelabuhan Tengkayu I dimanfaatkan sebagai pelabuhan untuk Speed Boat ke wilayah lain di Kalimantan Utara jaraknya dari pusat kota sekitar 1 km, Pelabuhan Tengkayu II digunakan sebagai pelabuhan bongkar muat barang jarak dari pusat kota hanya 500 m, Pelabuhan Malundung digunakan sebagai pelabuhan untuk kapal besar tujuan Jawa, Sulawesi dan Malaysia jaraknya dari pusat kota 1,5 km, serta Pelabuhan Juwata Laut yang baru saja dibangun digunakan sebagai pelabuhan Ferry jaraknya dari pusat kota adalah 10 km.

KULINER KOTA TARAKAN
Kapah adalah kerang berdaging kenyal berwarna putih dan bercitarasa gurih ini memang berbentuk lebih besar dari tudai. Tudai adalah sebutan orang Tarakan untuk kerang berdaging kehitaman yang banyak ditemukan di pantai. 

Apabila anda mengunjungi Pantai Amal, kapah adalah menu utama dan penyajian favorit dengan cara direbus dengan ciri khas sambalnya. Hampir seluruh pondok-pondok / rumah makan di pesisir pantai Amal menjual kapah baik yang mentah untuk dapat di bawa pulang maupun siap saji yang langsung dinikmati dengan di temani indahnya panorama Pantai Amal. Seluruh wisatawan yang berkunjung ke Tarakan belum lengkap rasanya apabila tidak mencicipi lezatnya kapah khas tarakan selain aneka olahan kepiting yang juga salah satu makanan khas laut di Kota Tarakan.

Jenis sambal yang disajikan bersama kapah biasanya ada dua: sambal lombok nipis dengan sensasi segar pedas campur asam, atau sambal teri terasi yang menyisakan rasa gurih.

WISATA KOTA TARAKAN
Beberapa obyek wisata yang dapat anda kunjungi di Tarakan antara lain :

Pantai Amal, terdiri dari 2 buah pantai, yaitu pantai amal baru dan pantai amal lama, pantai ini terletak di Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur. Pemandangan di pantai amal sangat indah karena memiliki banyak pohon kelapa dan airnya yang berwarna biru

Museum Rumah Bundar, merupakan museum dengan bentuk atap bundar atau setengah lingkaran, museum ini berisi peninggalan sejarah milik Belanda dan Jepang

Hutan Mangrove, merupakan habitat alami dari fauna asli Tarakan, yakni Bekantan

slamic Center Baitul Izzah, Kampung Empat, Tarakan Timur adalah masjid terbesar di Kalimantan Utara. Islamic Center ini terletak sekitar 5 km dari pusat kota

Penangkaran Buaya Juwata, berada di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat. Obyek ini adalah salah satu obyek wisata unggulan di Kota Tarakan dan memiliki koleksi buaya dari beberapa wilayah di Kalimantan. Dengan luas sekitar 5 hektar, kegiatan penangkaran buaya telah dimulai sejak 1991. Ada tiga jenis buaya ditangkarkan di sini. Mereka adalah Buaya Muara (crocodylus porosus), Buaya Supit (tamistoma scheillius), dan Buaya Air Tawar (crocodylus siamlisus)

Wana Wisata Persemaian, sebuah Wana Wisata yang jaraknya kurang lebih 30 menit dari pusat kota ini merupakan sebuah tempat persemaian beberapa tumbuhan. Wana Wisata ini di miliki oleh badan Inhutani kota Tarakan. Tak hanya pepohonan atau tumbuhan saja yang dapat anda lihat disana, tetapi juga dapat ditemukan beberapa fauna yang hidup bebas ditempat tersebut. Wana Wisata ini terletak di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat. Banyak yang berkunjung sebagai sarana piknik keluarga di samping itu tersedia juga sarana latihan Golf bagi pemula [29] Update 2012 : Wahana wisata ini kurang terawat dan sering dijadikan sebagai lokasi Bumi perkemahan Pramuka.

LAYANAN UMUM KOTA TARAKAN
Beberapa Rumah Sakit di Tarakan adalah :

RSUD Tarakan
Jl. P. Irian Skip P.O.BOX 180
Telpon : 21166

RS Angkatan Laut Dr. Ilyas Tarakan
Jl. RE. Martadinata No. 29 RT.12 Kel. Pamusian 77121
Telpon : 21353

Pertamedika Hospital Tarakan
Jl. Mulawarman No 14 Tarakan - Kalimantan Timur 77111
Telpon : (0551) 31403, 31665

INFORMASI LAIN KOTA TARAKAN
Di Kota ini ada beberapa event besar yang dapat menjadi waktu yang tepat untuk anda berkunjung ke Tarakan, yaitu Tarakan Expo, diadakan setiap ulang tahun Kota Tarakan mulai tanggal 15 Desember sampai Tahun Baru. Ada juga pesta Rakyat Iraw Tengkayu, merupakan peristiwa bersejarah bagi masyarakat bumi paguntaka biasa diperingati setiap 2 tahun sekali. 

PAKET WISATA KOTA TARAKAN
Untuk mendapatkan paket wisata murah dapat menghubungi www.mediatovel.com | 0274 412342