Senin, 04 Mei 2015

SAMARINDA


SEJARAH KOTA SAMARINDA
Berdirinya Kota Samarinda, bermula dari kedatangan sekelompok suku Bugis Wajo dari Kerajaan Gowa yang dipimpin oleh La Mahong Daeng Mangkona (bergelar Pua Ado yang pertama), yang datang ke daerah Kerajaan Kutai karena menentang perjanjian Bongaja. Kerajaan Kutai menerima kelompok ini karena diperlukan untuk membantui kerajaan Kutai dalam menentang Belanda. Mereka diizinkan bermukim di hilir sungai yaitu di Samarinda Seberang.


Orang-orang Bugis Wajo ini mulai bermukim di Samarinda pada bulan Januari 1668. Pada kurun waktu itulah ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Samarinda, yaitu tanggal 21 Januari 1668.

LETAK GEOGRAFIS KOTA SAMARINDA
Kota Samarinda terletak didaerah katulistiwa. Datar dan berbukit. Memiliki 6 kecamatan yakni Kecamatan Palaran, Samarinda Ilir, Samarinda Seberang, Sungai Kunjang, Samarinda Ulu dan Samarinda Utara, serta terdiri atas 53 kelurahan. Batas wilayah Kota Samarinda adalah:

    Sebelah Utara: Kec. Muara Badak Kabupaten Kukar
    Sebelah Timur: Kecamatan Anggana dan Sanga-Sanga (Kab Kukar)
    Sebelah Selatan: Kec Loa Janan .Kab Kutai Kartenegara
    Sebelah Barat: Kec. Muara Badak Tenggarong Seberang (Kab Kukar)

TENTANG KOTA SAMARINDA
Adalah salah satu kota sekaligus ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Tak ubahnya dengan Jakarta, Bandung, dan Bogor, Samarinda juga senantiasa menghadirkan pesona keindahaan alam yang dapat memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, yang menjadi "gerbang" menuju pedalaman Kalimantan Timur.

AKOMODASI KOTA SAMARINDA
Sebagian besar hotel murah di Samarinda melayani para tamu dengan sarana prasarana yang terbatas. Akan tetapi, akomodasi jenis ini telah menyediakan fasilitas mendasar untuk menunjang kebutuhan bermalam para tamu seperti kamar mandi beserta perlengkapan mandi, meja rias, televisi layar datar, penyejuk udara, brankas penyimpanan, serta akses internet wireless.
Berikut adalah hotel- hotel murah di Samarinda beserta kisaran harga hotel yang ditawarkan.
1. Hotel MJ – tarif mulai dari Rp 527.273
2. Swiss-Belhotel Borneo Samarinda – tarif mulai dari Rp 603.000
3. Bumi Senyiur Hotel – tarif mulai dari Rp 612.397
4. Mesra Bussiness & Resort Hotel – tarif mulai dari Rp 504.323
5. Aston Samarinda Hotel – tarif mulai dari Rp 678.000
6. Hotel Grand Sawit – tarif mulai dari Rp 494.794
7. Grand Victoria Hotel – tarif mulai dari Rp 561.984
8. Radja Hotel – tarif mulai dari Rp 470.248
9. Hotel Jamrud – tarif mulai dari Rp 225.000
10. Hotel Andika – tarif mulai dari Rp 155.000

TRANSPORTASI KOTA SAMARINDA
Sebagai kota yang dibelah Sungai Mahakam, Samarinda memiliki transportasi air tradisional sejak dahulu, yakni Tambangan dan Ketinting. Tambangan biasa digunakan sebagai alat transportasi menyeberang sungai dari daerah Samarinda Seberang ke kawasan Pasar Pagi. Ketinting menjadi moda transportasi sungai utama untuk menyeberangi sungai maupun menuju wilayah tertentu yang hanya bisa dinaiki oleh manusia dan barang. Sedangkan untuk mengangkut kendaraan, kapal feri sempat beroperasi menyeberangi sungai dari pelabuhan Harapan Baru, Samarinda Seberang ke pelabuhan Samarinda Kota.
Terdapat pelabuhan peti kemas yang berada di Jalan Yos Sudarso dan sekarang sedang dibangun pelabuhan baru yang terletak di kecamatan Palaran untuk menggantikan pelabuhan yang sekarang sudah tidak sesuai dengan kondisi kota. Pada tanggal 26 Mei 2010, pelabuhan baru tersebut selesai dibangun dan diresmikan dengan nama TPK Palaran dan saat ini dalam tahap uji coba.

Untuk transportasi Darat Terdapat jalan darat yang menghubungkan kota Samarinda dengan Balikpapan ke selatan, kemudian Bontang dan Sangatta ke utara, jalan baru ke Tenggarong di arah barat laut serta ke Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara melalui jalan tenggara yang tembus sampai ke Muara Jawa, Samboja dan Balikpapan.
Terdapat 3 terminal perhubungan darat yang menghubungkan kota Samarinda dengan daerah-daerah lain di Kalimantan, antara lain Terminal Sungai Kunjang, Terminal Lempake dan Terminal Samarinda Seberang.

Untuk transportasi Udara Bandar Udara Temindung (kode SRI) merupakan bandar udara yang menghubungkan Samarinda dengan kota-kota di pedalaman serta Balikpapan. Saat ini sedang dibangun Bandar Udara Samarinda Baru yang nantinya dapat didarati oleh pesawat yang lebih besar.

KULINER KOTA SAMARINDA
Di kota Samarinda, Nasi Kuning hampir selalu dapat ditemui dimana saja setiap waktu juga tempat. Jika nasi kuning di kota lain mungkin hanya bisa di temukan pada waktu pagi hari tetapi tidak di kota Samarinda. Nasi kuning di kota ini bisa anda cari setiap waktu dari pagi hingga esok hari. Dan tidak heran walau malam hari selalu saja ada yang berkeliling menjual nasi kuning ini dan inilah yang menjadi keunikan kuliner di kota Samarinda. 

Pemerintah kota menyadari potensi wisata kulinernya, dengan jeli mereka membuat kelompok penjual nasi kuning dengan nama kampung nasi kuning yang dapat kita temui sepanjang jalan Lambung Mangkurat. Dengan harapan tempat itu akan menjadi tujuan wisata bagi orang yang
berkunjung ke kota Samarinda untuk mencari wisata kuliner dan tidakterkecuali bagi warga kota Samarinda sendiri.

Keunikan makanan ini dibanding kota lain terletak pada penyajian lauknya, bila  di kota lain lauk yang digunakan umumnya mengunakan daging ayam dan telur. Tetapi di  kota Samarinda, lauk yang digunakan mengunaka lauk ikan gabus atau ikan haruan menurut bahasa penduduk disitu. Ikan yang dimasak biasanya berwarna merah karena bumbu dari pemasakannya. Pengunjung kota samarinda yang mencari wisata kuliner tidak bisa dikatakan memakan nasi kuning bila tidak disertai dengan lauk ikan gabus. Untuk yang makan nasi kuning dan tidak bisa memakai lauk ikan haruan masih ada varian ikan yang lain seperti ayam goreng, telur dan jeroan ayam.

Dan pada umumnya nasi kuning selalu disertai dengan penambahan sambal goreng tempe dan suun, untuk harganya relatif murah. Harganya sekitar 6000 sampai dengan 17.000 tergantung lauk yang anda pilih. 

WISATA KOTA SAMARINDA
Berikut adalah informasi singkat mengenai beberapa tempat wisata di Samarinda sebagai referensi berwisata anda.

Jembatan Mahakam
Di tempat ini Anda akan melihat secara langsung keseluruhan kota Samarinda yang dibelah oleh aliran sungai Mahakam. Selain itu, di sekitar lokasi Jembatan Mahakam juga terdapat taman yang senantiasa melengkapi pesona keindahaan tempat wisata tersebut.

Taman Rekreasi Lembah Hijau
Adalah hutan buatan yang berisi jenis-jenis tanaman kayu khas Kalimantan termasuk tanaman rotan. Di lokasi ini Anda bisa menikmati alam hutan yang hijau sambil memancing ditempat pemancingan yang telah disediakan di kawasan wisata tersebut. Taman ini  juga dilengkapi cafeteria dan aula pertemuan. Selain itu, tempat wisata  ini sangat cocok diperuntukkan bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah di alam bebas.

Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah dapat Anda kunjungi dengan menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer dari jantung kota Samarinda. Tempat wisata ini dipenuhi dengan pepohonan teduh dan bangunan tempat beristirahat sehingga cocok untuk berwisata keluarga. Di lokasi wisata Air Terjun Tanah Merah juga disediakan lahan parkir yang luas untuk mengantisipasi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi ketempat ini.

Kawasan Wisata Budaya Pampang
Tempat wisata ini sangat kental akan unsur budaya Samarinda.  Anda bisa menyaksikan ritual atau upacara adat suku Dayak dan rumah-rumah adat yang biasa disebut Lamin.

Kebun Raya Unmul
Adalah objek wisata terlengkap jika dilihat dari fasilitas hiburan didalamnya. Anda bisa menikmati beberapa wahana hiburan serta pemandangan alam hijau yang membentang luas. Temapt wisata ini juga dilengkapi dengan sarana olahraga, miniatur kebun binatang, dan perahu wisata.

Kerajinan Tenun Ikat Sarung Samarinda
Di tempat wisata budaya ini, Anda bisa menyaksikan kepiawaian penduduk lokal dalam membuat kerajinan tenun sarung tradisional. Selain itu, Anda juga dapat membeli langsung produk asli tersebut untuk dijadikan cinderamata.

LAYANAN UMUM KOTA SAMARINDA
Berikut adalah informasi layanan kesehatan di kota Samarinda.
1. RSUD. H.A.Wahab Syahrani alamat Jl. Dr. Sutomo No 1 Samarinda. Tlpn 0541-738118
2. RS. Abdul Moeis alamat Jl. HAM Rivaddin Komplek Bumi Rindang Samarinda 75132. Tlpn 0541-
        7030423
3. RS. Islam Samarinda alamat Jl. Gurami No. 18 Samarinda 75115. Tlpn 0541-741510
4. RS. H. Dardjad alamat Jl. Dahlia No 4 Samarinda. Tlpn 0541-732698
5. RS. Ibu & Anak Aisyah alamat Jl. P. Hidayatullah Samarinda. Tlpn 0541-734533
6. RS. Khusus Bedah & Bersalin Samarinda Siaga alamat Jl. Ramania luar No 3. Tlpn 0541-739772

INFORMASI LAIN KOTA SAMARINDA
Di Samarinda memiliki satu tempat yang komplit  dalam menjual beragam macam oleh-oleh dari produk kerajinan, souvenir dan makanan khas kalimantan timur pada umumnya dan Samarinda pada khususnya.
 Toko ini sering kali dikunjungi oleh artis-artis ibukota, pejabat pemerintahan, serta kawan-kawan komunitas lokal. Dengan begitu, namanya begitu dikenal di Samarinda, terlebih di ranah media sosial. Toko ini bernama East Kalimantan Centre, beralamat di jalan Antasari (samping dealer SUZUKI mobil) ini, selalu membuat daya tarik orang-orang dalam dan luar Samarinda.

PAKET WISATA KOTA SAMARINDA
Untuk mendapatkan paket wisata murah dapat menghubungi www.mediatovel.com | 0274 412342