Senin, 04 Mei 2015

PALANGKARAYA


SEJARAH KOTA PALANGKARAYA
Pembentukan Pemerintahan Kota Palangka Raya merupakan bagian integral dari pembentukan Propinsi Kalimantan Tengah berdasarkan Undang-Undang Darurat Nomor 10 Tahun 1957, lembaran Negara Nomor 53 berikut penjelasannya (Tambahan Lembaran Negara Nomor 1284) berlaku mulai tanggal 23 Mei 1957, yang selanjutnya disebut Undang-Undang Pembentukan Daerah Swatantra Propinsi Kalimantan Tengah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 1958, Parlemen Republik Indonesia tanggal 11 Mei 1959 mengesahkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959, yang menetapkan pembagian Propinsi Kalimantan Tengah dalam 5 (lima) Kabupaten dan Palangka Raya sebagai Ibukotanya. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959 dan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tanggal 22 Desember 1959 Nomor Des. 52/12/2-206, maka ditetapkanlah pemindahan tempat dan kedudukan Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah dari Banjarmasin ke Palangka Raya terhitung tanggal 20 Desember 1959. Selanjutnya, Kecamatan Kahayan Tengah yang berkedudukan di Pahandut secara bertahap mengalami perubahan dengan mendapat tambahan tugas dan fungsinya, antara lain mempersiapkan Kotapraja Palangka Raya. Kahayan Tengah ini dipimpin oleh Asisten Wedana, yang pada waktu itu dijabat oleh J. M. NAHAN.

LETAK GEOGRAFIS KOTA PALANGKARAYA
terletak pada 113˚30`- 114˚07` Bujur Timur dan 1˚35`- 2˚24` Lintang Selatan, dengan luas wilayah 2.678,51 Km2 (267.851 Ha) dengan topografi terdiri dari tanah datar dan berbukit dengan kemiringan kurang dari 40%. Secara administrasi Kota Palangka Raya berbatasan dengan Kabupaten Gunung Mas di sebelah utara, Kabupaten Pulang Pisang di sebelah Timur dan selatan sementara di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten katingan.
Wilayah Kota Palangka Raya terdiri dari 5 (lima) Kecamatan yaitu Kecamatan Pahandut, Kecamatan Sabangau, Kecamatan Jekan Raya, Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Rakumpit. 

TENTANG KOTA PALANGKARAYA
Kota yang dibelah Sungai Kahayan ini mungkin masih belum menjadi kota tujuan utama pariwisata. Pamor nya tak setinggi  kota destinasi pariwisata Indonesia . Namun, ibukota Kalimantan Tengah ini mengoleksi cukup banyak objek menarik yang sayang dilewatkan. Tak hanya menawarkan wisata susur sungai ke pedalaman, sebagai ibukota provinsi  ini juga memiliki sederetan objek alam, budaya, sejarah, belanja oleh-oleh hingga kuliner khas Dayak.

Dari Banjarmasin menuju Palangka Raya. Perjalanan darat ditempuh sekitar 4 jam, dengan membelah salah satu jalur Trans Kalimantan. Megahnya Jembatan Barito dijumpai sekitar 30 menit perjalanan, jembatan kebanggaan warga Kalsel. Sungai Barito di bawahnya membentang gagah sejauh sekitar 900 kilometer hingga berujung di Pegunungan Muller. dan sepanjang perjalanan menuju Palangka Raya banyak sungai besar lainnya yang ditemui.

Sepanjang Sungai-sungai khas Borneo tersebut begitu  alami , perpaduan Warna kecoklatan pada air nya dengan hijau hutan rimbun di sepanjang tepiannya, berhenti sejenak di atas jembatan untuk mengagumi sungai-sungai eksotis tersebut.

Sebuah tugu berornamen Dayak menyambut di kota Kuala Kapuas. Kota yang juga di belah sungai raksasa ini, setelah 4 jam perjalanan, tibalah dikota  berjuluk Kota Cantik, Palangka Raya.

AKOMODASI KOTA PALANGKARAYA
saat ini di Kota Palangka Raya sudah tersedia sarana akomodasi yang layak dan memadai dengan kelas hotel berbintang. Salah satu hotel megah dengan kelas berbintang yang ada di Kota Palangka Raya  adalah Hotel Aquarius (Bintang 3). Hotel Aquarius yang terletak di Jalan Imam Bonjol. 
Dan berikut Hotel-hotel lainya di kota ini :

Hotel Dandang Tingang
Jl. Yos Sudarso No. 13
Tlpn 0536-3221805, 3222231, 3222304

Hotel Adidas
Jl. A. Yani No. 90
Tlpn 0536-3225321, 3221770, 3221771

Hotel Lampang
Jl. Irian No. 2
Tlpn 0536-3220003

Hotel Foni
Jl. K.S. Tubun No. 28A
Tlpn 0536-3222753, 3222754

Hotel Sakura
Jl. A. Yani No. 87
Tlpn 0536-3221680, 3222355, 3226769

Hotel Hawai
Jl. Tjilik Riwut Km. 4,5
Tlpn 0536-3222835

Hotel Yanti
Jl. A. Yani 82-A
Tlpn 0536-3221634, 3228056

Hotel Sampaga
Jl. Sumbawa No. 78
0536-3221804, 3221053

TRANSPORTASI KOTA PALANGKARAYA
Bandar Udara Tjilik Riwut (dulu bernama Panarung) merupakan bandar udara yang menghubungkan kota Palangka Raya dengan kota-kota di pedalaman serta antar provinsi di Indonesia.

Untuk Transportasi darat  Saat ini terdapat jalan darat antar provinsi yang menghubungkan antara kota Palangka Raya dengan kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui jembatan Tumbang Nusa dan jembatan Barito yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3-4 jam secara nyaman. Sedangkan jalan darat antar provinsi ke kota Pontianak, Kalimantan Barat, merupakan jalan rintisan melewati kabupaten Sukamara. Disamping itu jalan darat dengan 13 kabupaten di Kalimantan Tengah belum semuanya dapat dilalui dengan baik karena kondisi struktur tanah, kondisi jalan dan curah hujan.
Ditengah kota Palangka Raya sendiri terdapat jembatan Kahayan diatas sungai Kahayan yang menghubungkan kedua tempat yang biasa disebut dengan Pahandut dan Pahandut Seberang. Moda transportasi darat yang bisa anda gunakan adalah Taxi, Angkutan Umum dan  Bis.

Untuk Transportasi Sungai anda dapat memilih kapal Jukung, Getek dan Kelotok. Ditengah kota Palangka Raya dibelah oleh 1 buah sungai besar yaitu Sungai Kahayan sebagai sarana transportasi menggunakan kapal kecil, seperti : jukung, getek dan kelotok. Juga terdapat 3 buah sungai buatan yaitu : Pangaringan I, Pangaringan II dan Pangaringan III

KULINER KOTA PALANGKARAYA
Kota ini terkenal dengan Kuliner khas Dayak ,RM Samba adalah tempat favorit untuk menyantap menu khas Dayak di Kalteng. ,ikan jelawat bakar. Menu pelengkap nya adalah sayur asam rotan muda, sambal tomat, sayur serai yang diulek dengan ikan sungai dan sepiring nasi putih.

WISATA KOTA PALANGKARAYA
Beberapa Obyek wisata yang dapat anda kunjungi di kota ini adalah :
  1. Museum Balanga, terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 2,5 dengan luas kurang lebih 5 (lima) Ha. Museum ini berada di dalam kota Palangka Raya dan mudah untuk dikunjungi karena dibuka setiap hari dari jam 08.00 – 12.00 WIB, dan ada petugas pemandu.
  2. Taman Wisata Air Bukit Tangkiling, Obyek wisata ini berjarak sekitar ± 34 Km dari Pusat Kota Palangka Raya, dengan waktu tempuh kira- kira 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan melewati jalan aspal dan untuk mencapai ke puncak bukit dengan melewati jalan setapak.
  3. Taman Wisata Fantasi Beach, Obyek wisata ini berjarak sekitar ± 21 Km dari Pusat Kota Palangka Raya, dengan waktu tempuh kira-kira 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasi obyek wisata yang dikelola oleh pihak swasta ini, menawarkan berbagai hiburan/permainan seperti, memancing, flying fox, sepeda air, Outbond, dan pada event tertentu juga terkadang menghadirkan panggung hiburan berupa pertunjukan musik.
  4. Kum Kum, Tempat wisata ini berada tidak terlalu jauh dari pusat Kota Palangka Raya, dengan menggunakan kendaraan roda 2 (dua) atau 4 (empat) hanya ditempuh dalam waktu kurang dari 10 (lima) menit sudah sampai di lokasi wisata tersebut. Wisata ini cocok sekali bagi mereka yang sudah berkeluarga karena disediakan pondok-pondok peristirahatan sambil menikmati suasana alam di tepian Sungai Kahayan. Di dalam lokasi kum-kum ini, selain terdapat beberapa jenis binatang seperti buaya, beruang, monyet dan beberapa jenis burung, juga terdapat beberapa permainan untuk anak-anak, dan pada hari-hari libur ditambah dengan suguhan pertunjukan hiburan musik oleh artis lokal Kota Palangka Raya.
  5. Danau Tahai, terletak di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, 29 Km arah Barat Kota Palangka Raya ini adalah salah satu obyek wisata yang banyak mendapat kunjungan dari penduduk Palangka Raya yang ingin bersantai dan rekreasi. Tersedia beberapa fasilitas hiburan, seperti pemancingan, sepeda air, perahu motor, karaoke, jembatan gantung dan rumah makan. Danau Tahai merupakan danau tadah hujan yang tidak besar, namun dihubungi oleh beberapa sungai-sungai kecil yang cocok bagi mereka yang gemar memancing.
  6. Arboretun Nyari Menteng, terletak di sebelah Timur Jalan Tjilik Riwut Km 28 dari Kota Palangka Raya menuju Kota Sampit. Secara administratif terletak di wilayah Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu. merupakan kawasan pelestarian plasma nuftah ekosistem hutan rawa, termasuk ke type hutan tropika dataran rendah dengan kondisi tanah berawa dan bergambut. Di Arboretum ini terdapat berbagai jenis tumbuhan yang dapat digolongkan kedalam 43 famili dengan jumlah species 139 jenis, termasuk jenis tumbuhan langka. Disamping itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis burung, biawak, ular, monyet dan juga orang utan.
  7. Rumah Betang, Rumah Betang (rumah panjang, rumah besar) merupakan rumah adat Dayak. Sesuai dengan namanya rumah ini berukuran besar yang mampu menampung puluhan orang atau keluarga yang mempunyai ikatan keluarga. Rumah betang sudah jarang ditemui, namun di Kota Palangka Raya terdapat satu rumah betang yang sengaja dibangun sebagai percontohan di Jl. D.I Penjaitan Kota Palangka Raya. Pada momen-momen tertentu, di rumah betang ini sering dijadikan lokasi pertunjukan/festival budaya Dayak. Rumah betang ini juga sering dijadikan tempat/objek foto bagi sebagian masyarakat baik warga pendatang maupun lokal
  8. Sandung Ngabe Sukah, terletak di Jl. Dr. Murjani, Kecamatan Pahandut. Sandung adalah sebuah bangunan kecil yang khusus diperuntukan bagi penyimpanan tulang belulang orang yang telah meninggal setelah melalui upacara. tiwah. 


LAYANAN UMUM KOTA PALANGKARAYA
Terdapat pelayanan kesehatan di kota ini antara lain :
  RSUD dr. Doris Sylvanus
  RS TNI AD Palangka Raya
  RS Katolik Palangka Raya
RS PKU Muhamadiyah Palangka Raya

INFORMASI LAINKOTA PALANGKARAYA
Dikota ini terdapat Perahu wisata yang diberi nama Rahai’i Pangun ini, merupakan perahu wisata yang dibuat dengan konsep tradisionil-modern (hasil rancangan pembuat perahu lokal dan arsitek kapal dari perancis). Perahu wisata ini memiliki 5 (lima) dobel kabin yang terletak di bawah dek dengan 3 (tiga) kamar mandi (western style) yang sangat nyaman. Dek tengah di bagian belakang dengan dapur, ruang makan, dan tempat duduk yang dilengkapi dengan perpustakaan dan snack-bar. Dek atas dengan atap terpaulin, kursi lipat dan sofa rotan untuk bersantai dan melihat keunikan sungai di Kalimantan Tengah.

Kapal wisata ini melayani berbagai paket wisata seperti, paket liburan keluarga, jamuan makan siang, pesta ulang tahun, pertemuan/rapat, dll.

Terdapat 4 (empat) rute wisata susur sungai yang ditawarkan, yaitu:

    Rute Pemancingan (lokasi Danau Tundai, Sungai Rungan dan sekitarnya)
    Rute Wisata, atraksi burung elang (lokasi Sungai Kahayan)
    Rute Wisata Orang Utan (lokasi Pulau Kaja Tangkiling)
    Rute Wisata Pilihan (lokasi Bukit Rawi-Sandung Tmg. Surapati; lokasi pulau monyet, dll

PAKET WISATA KOTA PALANGKARAYA
Untuk mendapatkan paket wisata murah dapat menghubungi www.mediatovel.com | 0274 412342